- Calista Zalfa Olina
- bisnis, digital marketing
- 0 Comments
- 2884 Views
Digital marketing tidak sekedar posting di media sosial. Ada banyak jenis digital marketing yang bisa kamu coba, dan tentunya sesuai dengan bisnismu.
Digital marketing bukanlah sesuatu yang baru lagi. Apalagi di zaman sekarang, di mana hampir seluruh orang di dunia menggunakan internet, digital marketing menjadi salah satu cara efektif untuk mendatangkan calon pelanggan baru. Tidak heran jika banyak bisnis – baik besar maupun kecil – yang telah mulai mengintegrasikan digital marketing ke dalam strategi pemasaran mereka.
Namun, bagaimana kamu tahu jenis digital marketing yang tepat untuk bisnismu? Dalam artikel ini, kami akan membahas 7 jenis digital marketing yang bisa kamu coba agar bisnismu berkembang lebih pesat.
Yuk, coba 7 jenis digital marketing berikut ini:
Pemasaran Digital Lewat Search Engine Optimization (SEO)
Search Engine Optimization (SEO) adalah proses yang dilakukan untuk mengoptimalkan situs web agar dapat menduduki peringkat teratas di mesin pencari seperti Google. SEO bertujuan untuk membuat situs web lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan potensial. Untuk mencapai hal ini, seorang profesional SEO melakukan analisis kata kunci, optimasi konten, dan link building.
Dalam praktiknya, SEO merupakan upaya untuk mendapatkan peringkat tertinggi di mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo. Untuk mendapatkan peringkat tertinggi di mesin pencari, kamu harus memahami algoritma mereka dan mengoptimalkan konten kamu sesuai dengan kriteria yang mereka tetapkan.
Tidak semua orang memahami bagaimana cara kerja SEO. Banyak yang menganggap bahwa SEO itu rumit dan sulit dipahami. Padahal jika kamu tahu bagaimana caranya, kamu akan menemukan bahwa SEO bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan.
Saat ini, bisnis di dunia maya sudah menjadi hal yang sangat umum. Meskipun demikian, banyak para pelaku bisnis belum mengetahui betul cara mendapatkan konsumen dengan efektif. Digital marketing merupakan salah satu solusinya.
Salah satu strategi digital marketing yang paling efektif adalah Search Engine Optimization (SEO). SEO memiliki banyak sekali manfaat untuk bisnis, di antaranya:
1. SEO dapat membantu website kamu menduduki peringkat teratas di mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi bisnismu karena websitemu akan lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen.
2. SEO juga dapat meningkatkan traffic atau jumlah kunjungan ke website kamu. Hal ini karena website yang berada di peringkat teratas mesin pencarian biasanya akan mendapatkan banyak pengunjung.
3. Selain itu, SEO dapat meningkatkan branding bisnis kamu. Website yang berada di peringkat tertinggi mesin pencarian biasanya memiliki nilai brand yang tinggi karena dianggap sebagai website yang berkualitas.
4. SEO juga dapat meningkatkan ROI (Return on Investment) atau keuntungan bisnis kamu. Hal ini karena biaya untuk melakukan SEO cenderung lebih rendah dibandingkan dengan biaya iklan lainnya seperti iklan Google AdWords atau Facebook Ads.
5. Terakhir, SEO dapat membantu bisnismu untuk bersaing di era digital. Bisnis yang tidak optimasi website-nya untuk mesin pencari akan kesulitan bersaing dengan bisnis lain yang telah melakukannya.
Menjangkau Audience Lebih Luas dengan Social Media Marketing (SMM)
Pemasaran media sosial (SMM) adalah salah satu jenis digital marketing yang dapat membantu bisnis kamu meningkatkan brand awareness dan mendatangkan traffic ke website. SMM melibatkan aktivitas online seperti posting di media sosial, membuat konten video, dan lain-lain.
Sosial media marketing (SMM) adalah upaya untuk mempromosikan bisnismu di sosial media. Ini termasuk aktivitas seperti menghasilkan konten yang menarik dan bermanfaat, berinteraksi dengan pelanggan, dan membangun jaringan. SMM dapat digunakan untuk tujuan berbagai macam, seperti meningkatkan penjualan, meningkatkan brand awareness, atau memfasilitasi hubungan dengan pelanggan.
Berikut ini 7 jenis social media marketing yang wajib kamu coba:
1. Social Media Advertising
2. Content Marketing di Social Media
3. Social Media Contest & Giveaway
4. Influencer Marketing di Social Media
5. Customer Relationship Management (CRM) di Social Media
6. Live Streaming di Social Media
7. Augmented Reality (AR) di Social Media
Optimasi Kinerja Website dengan Search Engine Marketing (SEM)
SEM adalah strategi digital marketing yang mengoptimalkan kinerja sebuah website di mesin pencari (search engine). Dengan SEM, website akan muncul lebih sering dan di peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian, sehingga semakin banyak orang yang mengunjungi website tersebut.
Pemasaran mesin pencari (SEM) adalah jenis pemasaran digital yang melibatkan penyebaran iklan di mesin pencari seperti Google atau Bing. SEM mencakup berbagai aktivitas, seperti optimizing konten websitemu agar muncul di hasil pencarian tertentu, iklan pay-per-click (PPC), dan lainnya.
Konten website kamu perlu disesuaikan dengan kata kunci yang sesuai agar dapat muncul di hasil pencarian organik. Untuk itu, kamu perlu melakukan riset kata kunci terlebih dahulu untuk mengetahui apa saja yang sering dicari oleh target marketmu.
Pay-Per-Click Advertising (PPC) untuk Mendatangkan Trafik Website
Pemasaran PPC (Pay-Per-Click) adalah salah satu bentuk pemasaran digital yang paling efektif. PPC dapat membantu kamu mendatangkan trafik yang berkualitas ke situs web kamu dengan menargetkan audiens yang tepat. Untuk memaksimalkan hasil dari campaign PPC Kamu, penting untuk dipahami bagaimana cara kerja PPC dan bagaimana mengoptimalkannya.
PPC adalah model pemasaran di mana penyedia layanan (seperti Google Ads) akan memberikan posisi tertentu untuk iklan Kamu di hasil pencarian mereka atau di halaman website mereka. Selain itu, biaya per klik (CPC) akan dikenakan setiap kali seseorang mengklik iklan Kamu. Karena biaya per klik relatif rendah, PPC merupakan opsi yang baik untuk bisnis kecil dan menengah yang ingin mendapatkan lebih banyak lalu lintas web.
Tujuan utama dari PPC adalah untuk mendatangkan trafik website yang berpotensi mengklik iklan Kamu. Trafik berkualitas tinggi akan memberikan ROI (Return On Investment) yang baik untuk bisnis Kamu. Untuk memaksimalkan ROI dari campaign PPC, penting bagi Kamu untuk melakukan optimasi campaign secara terus-menerus.
PPC juga merupakan opsi pemasaran digital yang baik karena ia relatif mudah untuk dioptimalkan dan dilacak. Selain itu, PPC juga dapat mendatangkan trafik website secara cepat dan efektif.
Affiliate Marketing untuk Memasarkan Produk Lebih Luas
Affiliate marketing adalah metode pemasaran dimana seorang afiliasi (affiliate) mendapat komisi atas penjualan yang dibuat oleh pengikutnya. Pada umumnya, sistem ini berdasarkan suatu program afiliasi yang mana afiliasi mengiklankan produk atau jasa dari sebuah perusahaan dan setiap kali ada pembelian, ia akan mendapatkan komisi.
Jika Kamu tertarik untuk mencoba affiliate marketing untuk bisnis Kamu, berikut adalah 7 program yang dapat Kamu coba:
1. Amazon Associates
2. ClickBank
3. Rakuten Marketing
4. ShareASale
5. Impact Radius
6. CJ Affiliate by Conversant
7. FlexOffers
Meningkatkan ROI Lewat Email Marketing
Email Marketing adalah sebuah cara pemasaran yang mengirimkan pesan promosi secara elektronik ke sejumlah orang yang tertarik. Email Marketing dapat meningkatkan ROI (return on investment) bisnis Kamu dengan biaya yang relatif rendah dan efektif. Hal ini juga dapat membantu Kamu untuk membangun hubungan dengan pelanggan Kamu dan mendapatkan feedback langsung dari mereka.
Email Marketing bisa digunakan untuk berbagai macam tujuan. Untuk mengirim pesan promosi seperti penawaran khusus dan diskon ke pelanggan Kamu, membangun hubungan dengan pelanggan yang ada, serta mendapatkan feedback langsung dari mereka.
Untuk memulai Email Marketing, Kamu perlu membuat daftar pelanggan dan mengirimkan email kepada mereka secara reguler. Kamu juga perlu memastikan bahwa email yang Kamu kirimkan benar-benar bermanfaat bagi mereka dan bukan spam.
Kirim Pesan Promosi dengan Instant Messaging Marketing
Saat ini, banyak sekali aplikasi pesan instan yang tersedia dan bisa digunakan oleh siapa saja. Salah satu aplikasi pesan instan yang populer dan banyak digunakan adalah WhatsApp. WhatsApp memiliki fitur yang sangat lengkap dan mudah digunakan, sehingga banyak orang tertarik untuk menggunakannya.
WhatsApp juga dapat dijadikan sebagai alat marketing dengan cara mengirimkan pesan promosi ke pelanggan atau calon pelanggan. Dengan mengirimkan pesan promosi secara langsung ke pelanggan atau calon pelanggan, Kamu dapat lebih mudah untuk mempromosikan produk atau jasa yang Kamu tawarkan. Selain itu, WhatsApp juga dapat digunakan untuk mengirimkan gambar atau video promosi ke pelanggan atau calon pelanggan.
Namun, perlu diingat bahwa tidak semua orang tertarik untuk menerima pesan promosi melalui WhatsApp, sehingga Kamu harus menargetkan pelanggan atau calon pelanggan yang tertarik dengan produk atau jasa yang Kamu tawarkan. Selain itu, jangan lupa untuk memasukkan nomor WhatsApp Kamu ke dalam daftar kontak agar pelanggan atau calon pelanggan dapat menghubungi Kamu secara mudah.
Itulah ke-7 jenis Digital Marketing yang dapat Kamu terapkan pada bisnis Kamu. Kamu juga dapat berkonsultasi tentang solusi inovatif digital marketing pada bisnis Kamu dengan kami. Hubungi nomor 0895-2471-1146 untuk berdiskusi dengan kami.***